Senin, 06 April 2015

20 Cara Hidup Sehat Yang Mudah Dan Sederhana

Seberapa sehat Anda? Apakah Anda memiliki pola makan yang sehat? Apakah Anda berolahraga secara teratur? Apakah Anda minum setidaknya 8 gelas air sehari? Apakah Anda mendapatkan cukup tidur setiap hari? Apakah anda sudah menerapkan Cara Hidup Sehat yang benar?

Hidup ini indah dan Anda tidak ingin melewatkannya dengan masalah kesehatan yang tidak perlu, bukan? Untuk itu perhatikan kesehatan dan asupan anda dengan cara hidup sehat. Kesehatan yang baik bukan hanya tentang fisik – juga termasuk sehat secara mental dengan gaya hidup sehat. Berikut 20 cara hidup sehat yang akan membuat anda lebih menghargai tubuh anda.

Cara Hidup Sehat 1. Minum lebih banyak air. Sebagian besar dari kita sangat kurang minum cukup air setiap hari. Air sangat penting bagi tubuh kita. Apakah Anda tahu lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air? Air diperlukan untuk melaksanakan fungsi tubuh kita, seperti membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh kita. Karena kita kehilangan air setiap hari melalui urin, buang air besar, keringat, dan pernapasan, kita perlu mengisi asupan air kita.

Jumlah air yang kita butuhkan tergantung pada berbagai faktor seperti kelembaban, aktivitas fisik, dan berat badan, tetapi umumnya kita perlu 2,7 – 3,7 liter asupan air! Karena asupan makanan menyumbang sekitar 20% dari asupan cairan kita, itu berarti kita perlu minum sekitar 2 – 3 liter air, atau sekitar 8-10 gelas (sekarang Anda tahu bagaimana rekomendasi 8 gelas itu!). Salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda dehidrasi adalah urin anda tidak berwarna atau tida berwarna kekuningan berarti tubuh anda tidak mendapatkan cukup air! Tanda lainnya termasuk: bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil.

Cara Hidup Sehat 2. Cukup tidur Bila Anda tidak beristirahat dengan baik, Anda akan menghabiskan waktu waktu dengan makan biasanya dengan makanan cepat saji / junk food. Istirahat yang cukup dan Anda tidak perlu camilan untuk tetap terjaga. Juga, kurang tidur menyebabkan penuaan dini, dan Anda tidak menginginkan hal itu, bukan?

Cara Hidup Sehat 3. Meditasi. Meditasi akan menenangkan pikiran dan jiwa Anda. Sehingga metabolisme tubuh anda dpat berjalan dengan baik.

Cara Hidup Sehat 4. Latihan. Bukan hanya beberapa kali seminggu, tapi cobalah setiap hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan, termasuk dapat memperpanjang umur, menurunkan risiko semua penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan menurunkan berat badan. Tingkatkan aktivitas dalam hidup Anda. Pilih berjalan untuk jarak yang dekat. Naiki tangga, bukan menggunakan lift. Bergabunglah beberapa kelas aerobik.

Cara Hidup Sehat 5. Makan lebih banyak buah-buahan. Buah-buahan adalah mengandung vitamin dan mineral. Apakah Anda tahu bahwa jeruk memberikan manfaat kesehatan lebih dari pil Vitamin C? Meminum dalam suplemen tidak sama dengan mengkonsumsi buah. Makanlah buah-buahan yang paling bergizi seperti: Semangka, Aprikot, alpukat, Apel, melon, jeruk, Kiwi, jambu, pepaya, stroberi.

Cara Hidup Sehat 6. Makan lebih banyak sayuran. Seperti buah-buahan, sayur-sayuran juga penting bagi kesehatan kita. Para ahli menyarankan bahwa kita harus memiliki 5-9 porsi buah/sayuran sehari, dan sayangnya kebanyakan orang bahkan tidak memiliki setidaknya 5 porsi sayuran sehari! Makanlah sayuran seperti Kacang merah, kacang hitam, asparagus, kacang panjang, kacang Perancis, kecambah, jamur kancing, dan wortel. Apa sayuran favorit Anda? Konsumsilah mulai sekarang.

Cara Hidup Sehat 7. Pilih makanan berwarna cerah. Buah-buahan dan sayuran dengan warna-warna cerah biasanya mengandung anti-oksidan yang tinggi. Anti-oksidan baik untuk kesehatan karena mereka menghilangkan radikal bebas dalam tubuh yang merusak sel-sel. Jadi penuhi kulkas anda dengan buah / sayuran aneka warna: Putih (Pisang, jamur), Kuning (Nanas, Mangga), Orange (Jeruk, pepaya), Red (Apple, Stroberi, Tomat, semangka), Hijau (Jambu, Alpukat, mentimun, selada, seledri), Ungu / Biru (Blackberry, Terong, prunes).

Cara Hidup Sehat 8. Cintai diri anda. Dengan mencintai diri sendiri, anda akan sadar untuk melakukan hidup sehat, memilih makanan yang kaya vitamin, dan selalu berolahraga. Mulalilah dari sekarang daripada tidak sama sekali.

Cara Hidup Sehat 9. Berjalan / berlari tanpa alas kaki. Ada banyak manfaat positif yang terbukti jika anda berjalan / berlari tanpa alas kaki, seperti memiliki postur tubuh yang lebih baik, lebih sedikit stres pada kaki Anda, mengurangi stres pada sendi Anda, dll.

Cara Hidup Sehat 10. Jauhkan orang-orang “negatif” dari kehidupan Anda. Positif sehat dan mental merupakan bagian penting dari cara hidup sehat. Anda tidak perlu orang yang selalu mengganggu/merepotkan dalam hidup Anda. Jika Anda merasa jika teman anda terlalu kritis atau negatif, biarkan dia pergi dari kehidupan anda.

Cara Hidup Sehat 11. Jauhkan hal hal yang bersifat negatif dari diri sendiri. Anda tidak perlu memiliki sifat negatif pada diri sendiri. Dengarkan apa kata pikiran anda dan singkirkan pikiran negatif itu. Banyak mereka yang merasa tidak bahagia karena mereka tidak berpikir positif pada diri sendiri, sehingga penyakit pun bisa datang karena pikiran anda terlalu panas memikirkannya.

Cara Hidup Sehat 12. Bernapas dalam-dalam. Oksigen merupakan sumber penting bagi kehidupan. Anda mungkin tahu bagaimana bernapas, tetapi apakah Anda bernapas dengan benar? Sebagian besar dari kita tidak bernapas dengan baik – kita hanya bernapas cuma 1/3 dari kapasitas paru-paru kita. Cobalah bernapas dalam dalam di mana paru-paru Anda terisi penuh, perut Anda mengembang dan ada gerakan minimal di bahu Anda.

Cara Hidup Sehat 13. Makanlah dalam porsi kecil. Makanlah dalam porsi yang kecil, ini juga dapat menyeimbangi penyaluran energi Anda sepanjang hari. Secara umum, makanlah ketika Anda merasa lapar, dan berhenti ketika kenyang. Anda tidak perlu menunggu sampai waktu makan untuk makan. Dengarkan tubuh Anda.

Cara Hidup Sehat 14. Berhenti makan ketika Anda merasa kenyang. Banyak dari kita bergantung pada faktor luar untuk mengetahui kapan kita kenyang, seperti apakah semua orang telah selesai makan, apakah piring Anda kosong atau tidak. Anda harus melihat faktor dalam tubuh, seperti apakah perut Anda terasa penuh atau tidak. Jangan merasa harus menghabiskan makanan hanya karena masih ada makanan di piring.

Cara Hidup Sehat 15. Jalani hidup dengan tujuan. Kesehatan yang positif dimulai dari dalam! Apakah hidup anda memiliki tujuan? Apakah Anda hidup sesuai dengan tujuan Anda? Coalah membuat tujuan hidup anda, jadi anda lebih bisa menargetkan hal hal yang ingin anda lakukan. Dan kebahagiaan akan mendatangi anda ketika target itu telah diselesaikan dengan baik.

Cara Hidup Sehat 16. Katakan tidak untuk makanan berminyak. Kurangi asupan makanan cepat saji seperti kentang goreng, donat, keripik, dan makanan yang telah digoreng. Bukan saja dapat menyebabkan penggemukan (1 sendok makan minyak adalah 120 kalori), makanan goreng mengandung akrilamida, potensi zat kimia penyebab kanker. Menurut laporan BBC, sekantong keripik dapat berisi hingga 500 kali.

Cara Hidup Sehat 17. Kurangi makanan yang manis. Permen, kue-kue, coklat, soda, donat, dan makanan manis lainnya, mereka juga tidak mengenyangkan dan dapat memicu anda makan lebih banyak. Jika itu terjadi kadar gula dalam tubuh anda akan kehilangan keseimbangan dan diabetes pun mengintai.

Cara Hidup Sehat 18. Go oganik. Makanan organik adalah makanan yang diproduksi tanpa “bahan sintetis seperti pestisida dan pupuk kimia, bukan hasil rekayasa genetika, dan tidak diproses menggunakan iradiasi, pelarut industri, atau makanan tambahan kimia”. Makanan organik cenderung lebih mahal, tapi apakah Anda lebih suka menyimpan uang dan memberi makan tubuh Anda dengan pestisida atau membayar ahli kesehatan yang harganya jauh lebih mahal dari makanan organik itu sendiri untuk mendapatkan tubuh sehat?

Cara Hidup Sehat 19. Hindari soda dan kafein. Minuman dengan kafein bersifat diuretik – yang berarti mereka mempercepat laju produksi urin. Selain itu, soda juga tidak sehat bagi tubuh, menyebabkan kenaikan berat badan.

Cara Hidup Sehat 20. Belajarlah untuk mengatakan tidak. Anda harus makan hanya karena Anda keluar dengan teman-teman Anda ketika anda merasa kenyang, atau karena orang lain menawarkan makanan. Cukup mengatakan tidak dan mengatakan Anda tidak lapar, mereka akan mengerti jika anda mengatakannya secara serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar